Saturday, October 25, 2008

Mengenal Investasi

Investasi tentunya bukan kata yang asing lagi buat kita. Apa sih sebenarnya pengertian dari investasi? Mungkin tidak semua orang memahaminya. Ada beberapa definisi investasi yang dirumuskan oleh para ahlinya, tapi dari semua definisi yang ada dapat ditarik kesimpulan bahwa investasi merupakan kegiatan mengikatkan suatu dana (asset) pada suatu object investasi untuk suatu periode dengan harapan di akhir periode tertentu dapat memperoleh kembali dana (asset) yang telah dia ikatkan, dengan jumlah yang lebih besar sebagai kompensasi atas pengorbananya tadi, dengan kesadaran untuk menanggung segala resiko yang mungkin terjadi, bila selama periode tersebut terdapat kejadian yang menyimpang dari harapan. Lantas kenapa orang berinvestasi bila ada resikonya ?

Manusia harus bisa mempertahankan hidupnya, karena itu dia bekerja. Selain itu manusia juga berkeinginan untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik. Dan ternyata bekerja saja tidak cukup, karena hari esok penuh dengan ketidak pastian, yang mengharuskan manusia untuk melakukan persiapan dan antisipasi. Mungkin saat ini kita berkecukupan, dengan pekerjaan yang memberikan banyak penghasilan. Tapi kita tidak tahu besok akan terjadi apa, berbagai kemungkinan buruk bisa terjadi. Perusahaan tempat kerja bangkrut sehingga di PHK, faktor kesehatan yang menghalangi kita untuk bekerja, faktor persaingan, dan banyak kemungkinan lainnya.

Karena itu salah satu antisipasi yang dilakukan adalah dengan menabung dan berinvestasi. Menabung memang lebih aman, resiko lebih kecil, tapi kita juga tidak bisa melipat gandakan asset yang kita miliki. Sehingga besar kecilnya hasil tabungan sangat tergantung dengan pendapatan kita dan kemampuan kita untuk dapat menyisihkan uang. Alternatif yang kedua adalah dengan investasi yang memberikan peluang untuk dapat melipatgandakan asset yang kita miliki, namun resikonya tentu lebih besar dari pada menabung. Apa pun jenis investasi, pasti ada resiko. Semakin tinggi peluang untuk mendapat pengembalian lebih, resikonya pun juga semakin tinggi. Kita mengenalnya dengan istilah high return, high risk.

0 comments:

Based on original Visionary template by Justin Tadlock
Visionary Reloaded theme by Blogger Templates

Visionary WordPress Theme by Justin Tadlock Powered by Blogger, state-of-the-art semantic personal publishing platform


Powered by GainScope.com - Forex